Kamis, 03 Maret 2016

Fungsi F5/ REFRESH Pada Komputer

F5 / REFRESH
Ada beberapa pemahaman dalam pengoperasian komputer oleh beberapa orang. Seperti misalnya tombol F5 atau refresh, ini biasanya digunakan oleh orang-orang pada waktu koputer baru dinyalakan atau pada waktu komputer telah lama digunakan, atau pada saat komputer agak tersendat dalam menjalankan
sebuah program, dan lain sebagai macamnya.
Hal tersebut terjadi karena anggapan orang dengan “refresh” yang berarti “menyegarkan”, yang memberikan pemahaman bahwa kalau komputer telah lama digunakan maka di-refresh agar komputer kembali berjalan lancar, dengan anggapan lain bahwa komputer tersebut bisa segar kembali seperti baru dihidupkan.

Padahal, sebenarnya fungsi dari “refresh” bukanlah seperti yang dijelaskan sebelunya. Lambatnya atau lolanya komputer tergantung kepada software yang terinstal pada komputer terebut, atau komputer tersebut bervirus. Banyaknya software yang terinstal pada komputer akan memperlambat kerja komputer itu sendiri, bisa dikatakan komputer itu mempunyai beban yang berat untuk menjalankan software-sofware tersebut. Tidak jauh berbeda dengan kita, apa bila mempunyai beban berat, tentu tidak bisa bergerak dengan cepat.
Bisa juga dengan banyaknya file yang tersimpan pada penyimpanan sementara di Local Disk (C), seperti dalam folder Download, Documents, pictures, music dan videos serta file yang terletak di Resycle Bin. Hal ini juga akan memperlambat kerja komputer. Karena pada Local Disk (C) tidaklah baik diisi dengan file-file lain, karena Local Disk (C) itu adalah “ruang kerja” dari komputer yang berisikan software- software atau otak dari komputer, sehingga apabila “ruang kerja” dari komputer luas dan otaknya tidak terbebani dengan file-file yang tidak penting, maka tentu kerja komputer tersebut akan ringan. Mungkin bisa digambarkan demikian.
Kembali kepada “refresh” tadi, bahwa sebenarnya fungsinya adalah memang untuk menyegarkan, tapi bukan untuk menyegarkan kinerja dari komputer. “Refresh” ini menyegarkan tampilan dari komputer, contohnya; ketika mengubah latar (background) komputer, terkadang ada yang bisa langsung berubah, kadang ada yang tidak bisa langsung berubah latar tersebut. Maka pada saat itulah F5 atau “refresh” itu digunakan. Dan coba perhatikan ketika F5 atau “refresh” itu di klik maka icon-icon yang berada pada layar komputer akan ber”kedip” yang membuktikan bahwa F5 atau “refresh” itu adalah untuk menyegarkan tampilan komputer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar