Selasa, 15 Maret 2016

Apakah Anda Sudah Islam


Secara sederhana, rukun merupakan unsur yang mesti dipenuhi dalam suatu hal. Kalau diibaratkan kepada rumah secara umum, maka rukun (unsur) dari rumah itu adalah tonggak, dinding dan atap. Apabila tidak ada salah satu dari ketiga unsur tersebut, maka sesuatu yang dinamakan rumah mustahil akan berdiri.
Sekarang, kalau kita posisikan kepada rukun Islam, bahwa rukun Islam yang pertama adalah membaca dua kalimat syahadat, maka apakah semua umat Islam telah membaca dua kalimat syahadat?
Kalau belum membaca dua kalimat syahadat, tentu belumlah seseorang dikatakan telah Islam. Apakah memang benar seperti ini?
Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dijelaskan mengenai dua kalimat syahadat ini. Pertama, rukun islam dua kalimat syahadat itu apakah mesti diucapkan? Seperti yang banyak dibaca dan didengar, bahwa rukun Islam yang pertama itu adalah “membaca dua kalimat syahadat”. Pernyataan “membaca” ini sangat banyak ditemukan, bahkan diajarkan kepada anak-anak di sekolah, maupun di luar sekolah.
Kedua, apakah rukun Islam yang pertama itu merupakan sesuatu keyakinan (pembenaran dalam hati)? Keyakinan merupakan sesuatu yang ditanamkan di dalam hati, sehingga hal keyakinan ini tidak perlu untuk “diucapkan”. Kalau merupakan suatu keyakinan, kenapa misalnya seperti muallaf sepertinya harus mengucapakan dua kalimat syahadat?, hal ini banyak kita lihat.
Kalau memang seperti masalah yang pertama bahwa dua kalimat syahadat itu harus diucapkan, maka umat Islam sekarang ini banyak Islam keturunan yang kebetulan orang tua mereka Islam, maka anaknya juga Islam tanpa membaca dua kalimat syahadat. Apakah memang Islam turunan? Kemudian masalah yang kedua bahwa muallaf itu harus mengucapkan dua kalimat syahadat, padahal dua kalimat syahadat itu adalah keyakinan dalam hati.
Berdasarkan hadis tentang rukun Islam ini, sebagai berikut:

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامُ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءُ الزَّكَاةِ وَحَجُّ الْبَيْتِ وَصَوْمُ َمَضَانَ. رواه الترمذي ومسلم

Pada hadis itu tidak ada kata yang berarti mengucapkan, hanya memakai kata شَهَادَةُ. Kata شَهَادَةُ  tersebut tentu harus ditemukan atau ditafsirkan apa makna sebenarnya, maka baru ditemukan apa yang sebenarnya. Dilihat dari kamus dan terjemahan dari hadis rukun Islam tersebut, arti dari شَهَادَةُ  adalah “bersaksi, persaksian”. Kata “bersaksi, persaksian” berasal dari “saksi”, apabila saksi ini dipahami seperti saksi dalam suatu perkara misalnya di pengadilan, maka makna dari “bersaksi, persaksian” adalah pernyataan atau menyatakan, tentu pernyataan atau menyatakan ini dengan diucapkan. Kalau seperti demikian tentu dua kalimat syahadat diucapkan.

Apakah Anda sudah Islam?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar